Pantai Klayar Pacitan, Harga Tiket dan Rute Perjalanan

Pantai Klayar Pacitan ~ Harga Tiket dan Rute Perjalanan
keindahan pantai klayar pacitan
Alamat : Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.
Pantai Klayar Pacitan memiliki jenis pasir berwarna putih kecoklatan dengan tekstur sangat lembut dan bersih. Pantai Klayar menjadi pantai komersial yang telah dipromosikan dan dikembangkan pemerintah Pacitan sebagai destinasi wisata.
Pantai Klayar Pacitan ~ Harga Tiket dan Rute Perjalanan
foto pemandangan pantai klayar pacitan
Baca Juga : Keindahan Pantai Soge Pacitan dengan Pasir Putih yang bersih
Keberadaan Pantai Klayar memiliki kisah tersendiri, apalagi penamaan Klayar. Ada dua versi yang mengungkapkan tentang asal usul penamaan Pantai Klayar. Versi pertama menyakini jika dahulu kala terdapat perahu yang diterjang ombak besar, prahu terombang ambing begitu kencang atau istilahnya "Glayar". Nama Glayar lama-lama berubah menjadi kata Klayar dan hingga saat ini nama Klayar dipakai sebagai nama Pantai tersebut.
Pantai Klayar Pacitan ~ Harga Tiket dan Rute Perjalanan
pantai klayar tampak atas
Versi kedua menyakini jika Pantai Klayar dahulunya bersal dari kata "Klayar-kluyur" yang artinya berjalan-jalan. memang dahulunya pantai ini sering dijadikan sebagai tempat kunjungan penduduk. dari kata tersebut disingkatlah menjadi Klayar.
Harga Tiket Masuk Pantai Klayar
Untuk dapat masuk ke lokasi Pantai Klayar anda cukup mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau.
Anak-anak dan dewasa = Rp5000/orang (Weekday)
Anak-anak dan dewasa = Rp10.000/orang (Weekend)
Parkir motor = Rp2000/motor
Roda Empat = Rp5000/roda empat
Lokasi Pantai Klayar Pacitan
Bagi wisatawan yang datang dari Yogyakarta bisa lewat jalur Gunung Kidul atau Wonosari. Kemudian mengambil arah lurus menuju Pathuk. Selanjutnya lurus kearah Pracimantoro, menuju Giribelah, melewati Punung. Jika sudah sampai Punung disepanjang jalannya terdapat papan petunjuk menuju Pantai Klayar.
Obyek Wisata Pantai Klayar
1. Seruling Samudra
Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Klayar akan disuguhkan atraksi dari Seruling Samudra. Atraksi ini menjadi momen yang sangat dinantikan wisatawan. Dinamakan Seruling samudra karena bentuknya berupa lubang Batu Karang yang berada dibalik tebing dan ketika air dan angin menembus lubang tersebut, maka akan keluar suara yang terdengar seperti suara sruling dari laut.
2. Air Mancur Tengah Laut
Pantai Klayar mempunyai Air Mancur alami yang memancar pada waktu yang tak terduga. Seruling Samudra diatas selain mengeluarkan bunyi, juga mengemancarkan air setinggi 10-15 meter saat air laut pasang, kira-kira pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.
3. Warna Pasir Yang Begitu indah
Disepanjang pesisir Pantai Klayar terdapat pasir yang sangatbersih dan lembut. Warna pasirnya cukup unik yakni berwarna putih dancokelat. Warna putih berada dibagian paling tepi kemudian semakin mendekati air laut pasir berubah menjadi cokelat. Gradasi warna tersebut dapat dilihat dari ketinggian atau menggunakan drone dan hasilnya sangat indah.
4. Batu Spinx dan Sumur
Terdapat fenomena alam berupa batuan yang mirip dengan Patung Spinx (Patung Singa) dengan kepala manusia seperti di Mesir. Dahulu sebelum terkenal dengan nama Batu Spinx masyarakat menyebutnya Watu Lumbung.
Disela-sela batu karang terdapat titik lubang yang disebut Sumur. Dahulu sumur itu dijadikan sebagai arena pengobatan dan pemandian Kuda Balap. Sedangkan disampingnya terdapat beberapa sumur kecil yang masing-masing dinamakan Sumur Ciderlaras dan Suranyata yang dipercaya membawa berkah.

Baca juga : Pantai Buyutan Pacitan, dengan mahkota ditepian pantai

0 Response to "Pantai Klayar Pacitan, Harga Tiket dan Rute Perjalanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...