Grebek Suro Ponorogo Vs Grebek Suro Madiun 2019


Persaingan Grebek Suro Ponorogo Vs Grebek Suro Madiun sangatlah seru. Kedua kota sama-sama memiliki perhelatan yang luar biasa dan bersejarah.

Kita tahu, setiap tahun tepatnya tanggal 1 Muharram atau Suro Kota Reog Ponorogo selalu mengadakan perhelatan besar yang menghibur warga domestik, daerah maupun mancanegara. Kegiatan yang rutin dilaksanakan seperti Lomba Reog tingkat nasional bahkan pernah tingkat Internasional. Kegitan suronan berpusat di Alun-alun kebanggaan warga Ponorogo. Hal ini menjadi suatu ciri khas Kota Reog dan sarat akan nilai-nilai sejarah.

Suranagung warga kota ponorogo
Suranagung warga kota ponorogo

Baca Juga : 7 Nama Julukan Jota Madiun, Berakhir Kharismatik
Baca Juga : Lawu Park, Wisata Hits Kota Magetan dan Karanganyar

Sementara di Madiun, kegitan yang tak kalah besar dan bersejarah yaitu kegiatan Suronan berziarah ke makam leluhur Pencak Silat. Adapun beliau almarhum yang diziarahi bernama Ki Hardjo Utomo di TPU Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, makam Raden Mas Imam Koes Supangat, Kecamatan Taman, dan terakhir makam Tarmadji Boedi Harsono yang berada di Nambangan Kidul Kecamatan Manguharjo,Madiun.

Suragung warga pencak silat madiun dari berbagai perguruan
Suragung warga pencak silat madiun dari berbagai perguruan
Baca Juga : 7 Nama Julukan Jota Madiun, Berakhir Kharismatik

Baca Juga : Lawu Park, Wisata Hits Kota Magetan dan Karanganyar


Mengapa dikatakan bersejarah?
Karena kegiatan ziaroh tersebut hampir setiap tahunnya diwarnai aksi lempar batu dan tawuran antar Perguruan Pencak Silat di Madiun. Namun pertikaian itu bisa dihentikan dengan cepat oleh polisi setempat.

Jika diponorogo banyak Warok-warok, Dadak dan Jaranan keluar kandang untuk melestarikan budaya daerah, di Madiun para pendekar keluar untuk bersilaturrahmi dan sungkem ke guru mereka. Dua kegiatan yang sangat menginspirasi bagi kita agar senantiasa menegakkan keadilan, rasa persaudaraan dan tak lupa dengan jati diri kita.


0 Response to "Grebek Suro Ponorogo Vs Grebek Suro Madiun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...