Kelompok Malawi,(Kaum Pencela Diri) Melawan Nafsu


Kelompok Malawi (Kaum Pencela Diri)
Kelompok Malawi,(Kaum Pencela Diri) Melawan Nafsu
Kelompok Malawi,(Kaum Pencela Diri) Melawan Nafsu

Ada salah satu kelompok tasawuf yang ajarannya focus terhadap pelemahan nafsu. Kelompok tersebut bernama “Malami (kaum pencela diri)”. Mereka sadar dan meyakini jika nafsu selalu ingin dikenal dan dianggap baik oleh orang lain. Praktek ibadah mereka lakukan secara sembunyi-sembunyi.
Malamis tidak pernah memakai pakaian sepertihalnya sufi pada umumnya. Mereka juga tidak mempunyai tempat perkumpulan khusus. Alasan mereka karena mereka berupaya menghindari jeratan dunia, sebab nafsu menyukai hal tersebut.
Kaum ini berusaha agar ibadah yang mereka jalankan tidak dilihat dan diketahui orang lain. Bagi mereka strategi ini merupakan perang canggih melawan hawa nafsu. Seolah mereka berkata pada nafsu “apapun yang kamu inginkan, aku akan melakukan sebaliknya. Kau mau terlihat baik? Aku akan terlihat buruk. Kau ingin dilihat orang? Maka aku akan pastikan tidak akan terlihat orang seperti keinginanmu”.
Ibadah ini merupakan suatu disiplin yang sangat ketat. Butuh seorang mujiz atau pembimbing untuk menempuh jalan ini. Supaya kita tidak terjerumus menjadi berlebihan dalam ibadah dan akhirnya kita akan sombong serta membangga-banggakan ibadah kita.

                                                                                                                       LANJUTAN>>>

0 Response to "Kelompok Malawi,(Kaum Pencela Diri) Melawan Nafsu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...