Hati Yang Terbuka dan Hati Yang Tertutup


Hati Yang Terbuka dan Hati Yang Tertutup
 
Hati Yang Terbuka dan Hati Yang Tertutup
Hati Yang Terbuka dan Hati Yang Tertutup
Apa pengalaman hati kita? Apakah yang dimaksud hati terbuka dan hati tertutup? Pengalaman apa yang membuat hati terbuka dan tertutup?
Kita harus berjuang memikirkan itu semua. Kata-kata bijak dari orang yang kita kenal hanyalah sebagai petunjuk dan nasehat bagi kita agar lebih mengekspor pengetahuan kita.
Ketika kita sedang berusaha melatih diri menjadi ikhlas dan tulus mencintai, bagaimana cara mengatasi energy negative perihal pikiran yang kadang-kadang muncul hingga membuat kita merasa orang lain berfikir bahwa “saya bodoh”. Bagaimana mengatasi itu?
Untuk mengatasi orang yang beranggapan dan bilang anda bodoh, yaitu katakanlah pada diri kalian dengan lirih “iya, kamu benar. Jujur saya memang tak sepandai seperti yang saya kira. Terimakasih sudah mengingatkan saya”. Kemudian ucapkan terimakasih kepada orang yang beranggapan tersebut.
Mengapa demikian? Karena dia telah menjadi musuh nafsumu. Para alim mengatakan bahwa celaan itu akan melemahkan nafsu. Sementara pujian sama saja dengan memberi makan nafsu. Kita harus berterimakasih kepada orang yang mau mengkritik kita dan sepatutnya waspada dengan orang yang selalu memuji kita.
Teman dari musuhku adalah musuhku dan musuh dari musuhku adalah temanku. Teman nafsu kita adalah orang yang memuji-muji kita, karena telah membiarkan dan mengabaikan kesalahan kita. Sementara musuh nafsu kita adalah orang yang mengkritik kesalahan dan mencegah kita membusungkan dada.
Orang yang tidak cerdas adalah orang yang menyombongkan kepintaran diri mereka dan orang yang tidak cantik adalah orang yang mengira wajahnya mirip bintang film. Seorang cerdas akan mengatakan “kau benar, aku tak secerdas yang kau inginkan. Namun aku akan tetap berusaha keras meningkatkan kecerdasanku”.
Tosun Effendi pernah berkata, “orang yang cerdas bukanlah orang yang menyombongkankecerdasan mereka, tetapi mau mengakui kekurangan diri. Sebaliknya, orang yang yang tidak cerdas adalah orang yang marah jika ada orang yang berkata padanya “kau tidak begitu cerdas”.

1 Response to "Hati Yang Terbuka dan Hati Yang Tertutup"

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...