Si Bahlul Ahli Nisan - cerita


Si Bahlul Ahli Nisan
Si Bahlul Ahli Nisan - cerita
Si Bahlul Ahli Nisan - cerita

Setiap sore di bulan Ramadhan Syekh Bisri berziarah ke kuburan orang-orang saleh (Rijal Ash-sholihin). Dpemakaman beliau selalu melih Bahlul (orang yang dikenalnya sakit ingatan) duduk santai didekat nisan dan berganti-ganti tempat setiap harinya.

Menurut Syekh Bisri Bahlul itu aneh. Beliau kerap kali melihat Bahlul ketika menengadah dia mengangkat tangannya. Ketika menunduk dia merenung. Saat menoleh kekanan dia tertawa bahagia. Ketika menoleh kekiri dia menangis.

Syekh Bisri penasaran dengan sikap Bahlul. Hingga suatu saat beliau menghampiri Bahlul dan bertanya, “mengapa engkau selalu disini?”

“saya bahagia dan senang berada disini, karena tidak ada orang yang menyakiti saya. Dan ketika saya datang maupun pergi tidak ada yang ngrasani (membicarakan), menggunjing, dan mencela saya”, jawab Bahlul.

“terus kenapa setiap kamu menengadah kamu angkat tanganmu, ketika menunduk kamu diam, ketika menoleh kekanan kamu tertawa, dan ketika menoleh kekiri kamu sedih?” lanjut Syekh Bisri.

“ketika saya menengadah saya berdoa kepada Allah. Ketika saya menunduk saya merenungkan darimana asal saya, untuk apa, dan kembali kemana. Saat menoleh kekanan saya tertawa dan bahagia karena teringat janji Allah kepada golongan kanan. Dan ketika menoleh kekiri saya menangis dan sedih sebab teringat akan sengsaranya golongan kiri atas azab-Nya”. Jawab Bahlul.

Melihat cerita tersebut, hati bergumam. Sebenarnya makna bahlul itu seperti apa? Apakah disebut bahlul jika orang itu gila? Atau bahlul itu orang yang terlihat bodoh? Atau orang pandai yang semena-mena?

Orang yang bodoh secara lahir belum tentu dia bodoh seutuhnya. Bahkan orang yang kelihatannya cakap berbicara dan pandai agama belum tentu dia pandai.

Sumber referensi : KH. M. Cholil Bisri. 2008. Menuju Ketenangan Batin. (Jakarta : Kompas)

0 Response to "Si Bahlul Ahli Nisan - cerita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...